Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

June 02, 2013

Bawang putih, nama tanaman ini kita kenal sebagai bumbu dapur atau sebagai penyedap makanan. Ternyata, bawang putih kaya akan manfaat dalam menjaga kesehatan. Pada umumnya, khasiat bawang putih dimanfaatkan untuk mengurangi tekanan darah dan sebagai pernghambat masuknya bakteri di dalam tubuh.

Namun, ada baiknya setiap kita yang ingin memanfaatkan bawang putih untuk memelihara kesehatan, mengkonsumsi bawang tersebut dalam keadaan mentah atau tidak diolah terlebih dulu. Berikut berbagai macam khasiat bawang putih apabila dimakan secara mentah.
Berikut manfaat bawang putih bagi kesehatan:

1.    Mengatasi sakit kepala.
Umbi bawang putih dilumatkan dan lalu dibalurkan pada dahi Anda.

2.    Membantu menyembuhkan sakit gigi
manfaat bawang putihNah, bagi anda yang sering tersiksa karena sakit gigi yang sangat menyakitkan, cobalah melirik bawang putih sebagai alternatif untuk mengatasinya. Perlu anda ketahui, kandungan sifat anti bakteri dan anestesi pada bawang putih dapat bermanfaat untuk membantu menyembuhkan sakit gigi.

3.    Mengatasi flu.
Sediakan bawang putih, bawang merah dan jahe dengan takaran yang sama. Kemudian, cuci dan seduh selama 15 menit. Selanjutnya sisihkan jahenya, lalu bawang merah dan bawang putih serta airnya dimakan.

4.    Mengatasi Hipertensi.
Kupas sekitar 2-3 siung bawang putih, cuci dan kunyah serta ditelan bersama air hangat. Lakukan 3 kali sehari. Atau jika Anda tidak bisa seperti itu, bawang putih dibakar hingga matang dan dimakan. Lakukan hal ini 6 siung setiap hari untuk 2 hari pertama, selanjutnya 2 siung setiap hari.

5.    Mengatasi batuk rejan dan bronkhitis.
Sediakan bawang putih sebanyak 30 gram, kupas, cuci, lumatkan dan campur dengan gula batu dalam segelas air matang. Kemudian, diamkan kira-kira 5-6 jam. Anda bisa meminum ramuan tersebut sebanyak 1 sendok makan penuh setiap harinya.

6.   Mengatasi masalah kulit
Bawang putih merupakan salah satu obat infeksi dan anti bakteri yang alami. Anda dapat memanfaatkannya untuk membantu mengatasi permasalahn kulit anda. Bahkan ada sebuah informasi yang mengatakan bahwa bawang putih mampu menyembuhkan kutil.

7.    Meredakan nyeri haid.
Kupas 2 siung bawang putih dan kunyah halus kemudian ditelan. Setelah itu, minum 2 sendok makan air hangat. Anda bisa melakukannya 2 hari sekali selama masa menstruasi.

8.    Mengatasi sakit kepala migrain.
Kupas dan cuci 2 siung bawang putih, kunyah halus dan telan. Lalu, minum air hangat. Lakukan dengan frekuensi 2 kali sehari.

9.    Mengatasi disentri.
Sediakan 2 siung bawang putih untuk dikupas,cuci dan rebus dalam segelas air. Sebelum makan, minum dulu. Anda bisa melakukannya dengan frekuensi 3 kali sehari selama sekitar 2-3 hari.

10.    Obat luka akibat benda tajam yang berkarat.
Kupas bawang putih, cuci, bakar dan celupkan ke dalam minyak kelapa. Lalu, kemudian lumatkan serta oleskan pada bagian tubuh yang terluka.

11.    Obat borokan.
Kupas 2-3 siung bawang putih, cuci dan lumatkan. Kemudian, campurkan bawang putih tersebut ke dalam 1 sendok minyak kelapa hingga rata. Oleskan ke bagian tubuh yang membengkak.

12.    Asma, batuk dan masuk angin.
Sediakan bawang putih sebanyak 3 siung untuk dikupas dan cuci serta dilumatkan. Kemudian, tambahkan 1 sendok makan madu dan gula batu yang telah dicairkan. Lalu, semua bahan dicampurkan, aduk rata dan disaring. Konsumsi setiap pagi hingga sembuh.

Artikel Terkait:
Khasiat Bawang Putih Tunggal




klik produk ini


1 comment

  1. Iya, bawang putih memang bagus untuk berbagai penyakit, apalagi ditambah habbatussauda
    Ini produk habbagarlic cocok dikonsumsi

    http://berkhasiat.web.id/jualan/herbal-darahtinggi-kolestrol-habbagarlic-af/

    atau kunjungin situs www.berkhasiat.web.id

    Atau langsung pesan sarang semut papua secara online ke 0813-80-262524 (Ryan) -- SMS/WhatsApp/Telegram/Line


    ReplyDelete

 

Most Reading