Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga

May 28, 2013

Saat ini banyak sekali di kalangan para ibu rumah tangga yang menginginkan untuk memulai usaha di rumah tanpa harus meninggalkan keluarga dan kewajibannya di rumah. Sebenarnya banyak sekali peluang bisnis untuk ibu rumah tangga yang bisa anda lakukan di rumah. Namun harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan tekun dalam menumbuhkan usaha tersebut  agar sukses dan berhasil.

Sangat sering kita temui banyak ibu rumah tangga yang mendirikan usaha di rumah, pada awalnya hanya sekedar usaha kecil-kecilan namun ternyata pendapatannya lebih besar dari pada pendapatan pekerja tetap sebagai karyawan di perusahaan, bahkan tidak jarang lebih besar dari pada pendapatan suami hasil gajinya tiap bulan.

Nah, jika anda adalah seorang ibu yang ingin memiliki sampingan disela-sela mengurus suami serta anak. Maka mudah-mudahan usaha atau bisnis berikut dapat anda jadikan sarana menambah pemasukkan.

Menjadi Penulis

Pekerjaan sampingan satu ini memang cukup fleksibel. Anda juga tidak perlu banyak modal, cukup laptop dan jaringan internet. Anda bisa menjadi kontributor lepas bagi  sebuah majalah, rubrik atau web. Pilihkan tema yang sesuai kemampuan anda sehingga memudahkan penulisan.

Usaha Katering

Usaha sampingan ibu rumah tangga yang satu ini pun membutuhkan keahlian yang tentunya bisa dipelajari otodidak. Banyak sekali buku-buku resep baik baru maupun bekas yang bisa dengan mudah Anda dapatkan saat ini. Terutama jika Anda memiliki hobi memasak, tentu akan sangat cocok untu memulai bisnis ini.

Karena Pada umumnya, memulai usaha itu harus berawal dari hati, dengan menyukainya tentu akan senang menjalaninya. Dalam usaha sampingan ibu rumah tangga yang ini pun tentu Anda membuthkan strategi yang baik. Dalam semua usaha ada satu yang penting yaitu servis personal yang bisa membuat konsumen nyaman bertransaksi dengan Anda.

Buka warung kelontong

Dalam tahap awal, usaha warung ini tidak perlu modal yang terlalu besar. Sediakan dulu kebutuhan pokok yang paling dibutuhkan orang. Misalnya, perlengkapan mandi dan cuci serta pulsa dulu. Kemudian ditambah kebutuhan bahan makanan pokok seperti beras, gula, teh, dll. Tidak ada salahnya juga menyediakan aneka jajanan buat anak-anak. Salah satu kendala dalam usaha ini adalah soal waktu. Dimana, dengan membuka usaha ini mau-tidak mau harus stand by untuk menjaganya. Kalu Anda tidak punya banyak waktu luang karena harus mengurus anak yang masih bayi misalnya, maka sebaiknya tidak usah pilih usaha ini.

Usaha Keterampilan dari Barang Bekas

 Nah usaha atau bisnis rumahan bagi seorang ibu ini memang perlu kreativitas untuk menjalankannya. Yaitu kreativitas dalam mengubah barang-barang bekas seperti plastik detergen, kopi, snak atau jajanan dapat dibuat tas, hiasan-hiasan, pernak-pernik dll. Bisa juga botol-botol bekas dan kaleng-kaleng bekas dijadikan mainan dan juga celengan.

Artikel terkait:
Bisnis Online tanpa Modal

No comments:

Post a Comment

 

Most Reading